Rabu, 05 Oktober 2016

Kuliner Nusantara:Masakan daging hingga empuk dianggap cukup sulit karena harus memakan waktu lama. Tidak hanya menghabisakan waktu tapi juga bahan utama memasak seperti gas dan api.


Dibanding sapi, daging lembu lebih susah untuk dihilangkan kealotannya. Salah satu faktor umumnya, yakni serat daging lembu yang terlihat lebih kasar. Aromanya pun kuat dan memiliki keunikan sendiri. 

Untuk menghadapinya, Chef dari Exodus Jakarta, Komar Amir mengungkapkan, cara sederhana mengempukan daging " Untuk sapi dan termasuk daging lembu  juga, daging tersebut hanya perlu dibungkus daun pepaya selama tiga hari, " ujar Komar saat ditemui di Kantor Pusat Bulog Jakarta.

Dia mengatakan  sebelum membungkus daging , daun pepaya sudah harus di tusuk - tusuk dahulu. Tujuannya agar getah pepaya bisa menyerap dan masuk kedalam serat - serat daging. 

Sebab getah daun inilah yang memiliki pengaruh kuat untuk mengempukan daging sapi maupun lembu. Prosesnya pun tak lama. Kedua jenis daging tersebut sama - sama hanya membutuhkan waktu tiga hari. Selama proses menunggu, daging terbungkus daun pepaya itu harus disimpan di pendingin. "Di chiller (pendingin ), bukan di freezer dan maksimal lima derajat. kalau lebih bakteri mulai berkembang,"kata dia. 

Di samping itu, Komar juga mengingatkan,agar daging - daging yang akan dimasukan ini tidak dicuci terlebih dahulu. Jika tetap dilakukan, bakteri atau kuman justru akan lebih mudah masuk.

0 komentar:

Posting Komentar

Yahoo

Pengunjung

IP

SPONSOR KAMI

Popular Posts