Jumat, 23 September 2016


Bila bicara masalah telur asin, hal pertama yang singgah di kepala saya yaitu : masir. Teksturnya yang sedikit kasar, namun berminyak... sungguhlah bikin mulut ini tidak berhasil move-on darinya. Makan telur asin yang masir itu seperti menanti-nantikan cinta pertama yang sesudah demikian lama pada akhirnya jatuh lagi ke pelukan. Hihihi.

Yang ke-2, pastinya yaitu Brebes. Mengulas telur asin, pasti tidak jauh dari daerah ini. Brebes di kenal sebagai sentra penghasil telur asin paling tersohor di Indonesia. Kota yang ada di lokasi Pantura ini memanglah menghasilkan telur asin yang beberapa besar di buat dari telur bebek pilihan. Tidak heran, bila anda melewati Kota Brebes, bakal banyak panorama peternakan bebek atau itik, terutama di lokasi wisata Pantai Randu Sanga, seperti yang dikisahkan oleh telurbrebes. wordpress. com.

Lantas bagaimana sih semula Brebes jadi Kota Telur Asin yang begitu populer? Jadi begini ceritanya. Peternakan bebek atau itik di Brebes menghasilkan sangat banyak telur sehari-harinya. Untuk mengawetkan telur supaya saat konsumsinya dapat lebih panjang, beberapa peternak memakai cara pengasinan. Diluar itu, langkah tersebut nyatanya berhasil menyingkirkan aroma amis, terlebih pada telur itik. Yah, telur itik serta telur bebek memanglah populer lebih amis dari pada telur ayam. Pada akhirnya cara berikut yang digunakan oleh nyaris semua peternak yang ada di lokasi Brebes. Tidak diduga, malah inspirasi ini sebagai ujung tombak produksi massal telur asin di Brebes.


Nah, bagaimana sih semula peternak Brebes berteman dengan telur asin? Nyatanya, telur asin pertama kalinya dikenalkan oleh suami-istri asal China bernama In Tjiau Seng serta Tan Polan Nio, sekitaran th. 1950. Pada saat itu, telur asin yaitu makanan yang eksklusif lho, lantaran di produksi terbatas serta umumnya di jual ke Jakarta.

Makin lama, produksi telur asin ini makin menebar serta laku. Pasangan inipun memperkerjakan beberapa pekerja untuk membantunya. Sampai pada akhirnya sang pekerja ini keluar serta bikin produksi telur asin sendiri berbekal pengetahuan yang didapatkannya sepanjang bekerja ditempat Tjiau serta Tan. Telur asin juga di jual tidak cuma ke Jakarta namun ke daerah Brebes serta sekitarnya, serta tersohor sampai sekarang ini.

Pembuat telur asin yang lain dari daerah Brebes yang juga populer yaitu pasangan Tjoa Strategi Hien serta Niati. Merk telur asinnya yaitu cap Tjoa serta jadi favorite beberapa orang.

Bila anda singgah ke daerah Brebes serta menginginkan beli oleh-oleh telur asin, silahkan singgah ke lokasi Kecamatan Wanasari, Jalan Pemuda, Jalan Pangeran Diponegoro, Jalan Ahmad Yani serta Jalan Jenderal Sudirman. Disana anda dapat pilih bermacam macam telur asin, dari mulai yang mentah, masak, telur asin bakar sampai telur asin bermacam rasa.

0 komentar:

Posting Komentar

Yahoo

Pengunjung

IP

SPONSOR KAMI

Popular Posts